Posted on

8 Tempat Makan Yang Patut Dicoba di Jogja (Versi Nanda)

Jogja, kota favorit gw untuk liburan. Ya suasananya, ya cerita-cerita menarik tentang sudut kotanya, dan yang jelas…makanannya. Sayang laki gw kalo gw tanyain makan yang enak dimana dia pasti ga bisa jawab, giliran udah makan di suatu tempat baru deh nyebutin ini-itu di sini-sana makanan yang enak, jadi kadang terpaksa gw catet supaya pas balik lagi ke sana bisa gw request tempat makannya.

Lupakanlah sejenak resto, cafe dan bistro. Jogja adalah tentang kebudayaan dan tempat makan kaki lima, jadi kalo lo ke Jogja dan cuma makan di McD..jiah..mending pulang lagi aja. Ini ada beberapa tempat makan yang sedikit banyak meninggalkan kesan (ceilee..) di lidah dan pikiran gw. Buat yang baru jalan-jalan ke Jogja, lumayan deh buat rekomendasi hehehe.. Buat yang orang Jogja, kasih masukan lebih banyak lagi dooong makanan yang enak dimana…hmmm..slurp! πŸ˜€

1. Gado-Gado Teteg, Lempuyangan

Letaknya ada di depan pom bensin Lempuyangan, nggak jauh dari jalan layang. Membuat gw sadar meskipun namanya sama-sama “Gado-Gado” tapi rasa dan ada bahan-bahan yang bikin berbeda dari Gado-Gado di Jakarta. Menurut gw sih rasa bumbu kacangnya mirip Lotek, dan Gado-Gadi disini pake daun selada. Agak berbeda tapi rasanya sama-sama enak. Oh ya, sekedar informasi iseng aja, gw baru tahu kalo kata “Gado-Gado” berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya “Campuran” πŸ˜€
Kalo mau maem disini sebaiknya dalam keadaan lapar karena porsinya lumayan “nampol” hehehe…

2. Nasi Goreng Bakar Mr.Puen Cheng, Gejayan

Sesuai namanya, nasi goreng ini digoreng trus dibakar. Kelebihannya: beda kaya hampir semua nasi goreng biasa, nasi goreng ini jadi kering dari minyak. Ada nasi goreng bakar kambing, nasi goreng bakar sapi, nasi goreng bakar seafood…tinggal pilih ciiin…

3. Bakmi Kadin, Bintaran

Rata-rata pasti udah pada tahu deh, letaknya sebelah kantor Kadin, dari jembatan Sayidan setelah SMA Bopkri belok kanan. Menurut gw sih itu mie biasa tapi karena masaknya masih pake anglo jadi rasanya agak berbeda, matengnya rata dan aromanya khas. Kemaren sementara gw pesen mie goreng, laki gw pesen capcay goreng. Gw pikir capcay biasa trus digoreng, ternyata ada kaya potongan macem kwetiaw yang dipotong kecil-kecil, dan sayurannya juga ga terlalu banyak, kata laki gw itu namanya “cap jae”.

4. Sate Kambing Muda Pak Pong, Bantul

Kalo lagi main-main ke daerah Bantul misalnya ngunjungin makam raja-raja di Imogiri atau lihat-lihat kerajinan kulit di Manding, bolehlah ke Jl.Imogiri Timur KM17 untuk mampir makan tongseng di sini. Dagingnya empuk dan kuahnya khas Jawa banget: manis. Selain tongseng dan sate, disini juga ada sate klathak, apaan tuh? Datenglah…hehehehe…

5. Rujak Es Krim, Depan Keraton Pakualaman

Gw baru tahu kalo apa yng kita sebut sebagai rujak di sini (buah dipotong-potong) di sana namanya Lotis, sedangkan rujak itu sendiri di sana berupa buah yang diserut dan dikasih bumbu rujak. Nah, rujak es krim ini rujak buah serut dikasih satu scoop es krim di atasnya…beeeuuuhh…seger bangeeettt… asem, manis, asin, dingin! Biasanya sih gw mampir kalo udah capek jalan-jalan dan belum terlalu laper untuk makan. Tempatnya tepat di depan Keraton Pakualaman, rindang karena banyak pohon besar.

6. Nasi Goreng Sapi, Kotabaru

Bukanya sore, depan gereja Kotabaru. Mereka khusus sedia nasi goreng sapi aja. Ga terlalu istimewa sih, potongan daging sapinya juga kecil-kecil tapi meskipun itu ga dipakein daging apapun rasa nasi gorengnya tetep enak, wangi rempah. Kemaren gw pas lagi ujan dan laper, jadilah…terngiang-ngiang terus rasanya hehehe…

7. Gudeg Pawon, Janturan

Sesuai namanya, Pawon yang artinya Dapur, kita memesan makanan dengan masuk ke dapur orang, alias yang punya nih warung gudeg. Dari berbagai informasi yang gw denger, konon dulu orang ini jualan gudeg cepet abis lama kelamaan orang-orang yang nunggu gudegnya karena nggak mau kehabisan jadi ngedatengin rumahnya dan minta langsung ke dapurnya. Bukanya malem, jam 23.30, jadi selama ini selalu batal karena ngantuk dan baru kemaren malam sebelum pulang menyempatkan diri ke sana. Untuk rasa sih relatif menurut gw, cuma unik aja. Orang-orang yang makan di sana pun ngobrolnya pelan-pelan karena nggak enak sama tetangga kanan kiri yang rumah-rumahnya udah gelap. Karena sistemnya “minta di dapur” ngantrinya pun mesti sabar, apalagi kalo makanannya baru mateng…

8. Angkringan Lek Man, Sebelah Utara Stasiun Tugu

Yep, angkringan adalah tempat yang selalu menyenangkan buat gw: harganya murah, lauknya meriah dan tempatnya santai πŸ˜€ Ada buanyak angkringan di Jogja, tapi yang paling dikenal ya tempat ini. Meskipun yang paling dikenal warung Lek Man sendiri tapi udah banyak berjejer di kanan kirinya warung angkringan yang lain. Ambil nasi kucing, pilih lauk (dibakar atau nggak), pesen minuman trus nongkrong deh di trotoar seberang jalan yang udah dialasin tikar. Paling enak abis makan ngobrol dulu sambil minum kopi Jos. Tapi sayang kemaren nggak sempet kesana karena udah seminggu berturut-turut ujan dari sore sampe malem. Angkringan adalah tempat dimana telinga gw selalu mendengar Katon bernyanyi “..musisi jalanan mulai beraksi..” πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

Meskipun relatif, tempat-tempat makan ini cuma pilihan gw dari sekian banyak aja. Jadi jangan men-somasi gw kalo tahu-tahu menurut lo yang gw tulis di sini ternyata rasanya ga enak ya wkwkwkw…

Segitu dulu, ditunggu masukan yang lain ya karena gw suuukkkaaa banget…makan! oh ya ampun…

About duniananda

Seorang istri yang sok sibuk dengan urusan rumah tangga dan urusan-urusan kecil yang sering saya lihat dan dengar setiap hari hehehehe.. :D

5 responses to “8 Tempat Makan Yang Patut Dicoba di Jogja (Versi Nanda)

  1. Dinna

    jadi pengen ke sana… hiks hiks

  2. great_will ⋅

    Nda, itu yang dipoto sebungkus nya berapa harga nya??

  3. Yunche ⋅

    thanks info ne sgt membantu,…yg g suka kuliner kayak gue..:)

Leave a Reply

