Posted on

Eksperimen Sushi

I Looooooove Sushi!

Karena nggak bisa setiap saat bisa ke resto Sushi, gw mulai nyari di internet resep Sushi rumahan yang cara bikinnya gampang dan bahan-bahannya juga gampang dicarinya, maklum gw kan paling nggak mau ribet. Akhirnya gw nemuin satu. Karena beberapa teman meremehkan kemampuan gw memasak, maka gw buktiin dimana ada kemauan (makan Sushi) disitu ada jalan (bikin Sushi). Cara bikinnya cukup gampang kok, yang kita butuhkan adalah:

Nasi, well..kira-kira 2 cup beras…
Harus gw akui Sushi yang sempurna emang enaknya pake beras Jepang karena teksturnya agak-agak kaya ketan gitu jadi nggak cepet buyar, tapi jangan khawatir! Beras lokal pun sama sekali tidak apa-apa, tapi dimasaknya sampai pulen atau sedikit lembek ya, karena kalo dimasak kaya nasi untuk bikin nasi goreng ntar cepet buyar dan rasanya kurang enak.

Cuka Beras, bahasa kerennya Rice Vinegar dua sendok makan cukup, secara instingtif biasanya cewek pinter mengira-ngira berapa banyak untuk nanti dicampur ke nasi, ini bisa dibeli di supermarket besar seperti Giant atau Carrefour.

Nori, pake selembar aja dulu ya..
Rumput laut cari yang bentuknya lembaran untuk bungkusnya, biasanya gw nitip kakak gw sepulang doi kerja di Kem Chick, karena kantornya deket situ, yang paling murah itu kalo nggak salah harganya 20rb, isi lima lembar apa sepuluh lembar gitu..

Ikan Salmon Fillet/ Ikan Tuna Fillet
Buat isi Sushinya, tapi isian ini tergantung selera lho, kalo nggak suka daging ikan mentah bisa diisi yang lain, crab stick, omelet telur, kyuri (timun jepang), nugget juga nggak apa-apa, namanya bikin sendiri ya suka-suka yang bikin hehehe
Kalo isian kesukaan gw adalah salmon/tuna dan daun bawang, paling ntar ditambah sedikit mayonaise di sentuhan terakhirnya. Ikannya diiris tipis-tipis aja, terutama Salmon harganya mahal bow jadi untuk diganti dengan bahan lain sangat-sangat boleh hehehe…Oh ya, sekedar tips buat yang suka daging ikan mentah jangan lupa dicuci sebersih-bersihnya ntar akan mengurangi sendiri bau amisnya, kalo masih kecium juga dan nggak suka bau amisnya boleh pake setetes air jeruk nipis, sebaiknya sih nggak terlau banyak ntar aromanya jadi gimana gitu…

Gula (dua sendok makan) dan Garam (satu sendok makan)
Gula dan garam lokal, ga usah bingung…

Soyu
Merk apa aja, kalo gw kemaren yang Kikkoman tapi jangan heran kalo ntar rasanya nggak sama kaya soyu yang ada di resto-resto Jepang ya, yang ini rasanya lebih tajam

Mayonaise dan Wasabi
Kalo suka aja. Wasabi gw belum pernah nemuin di supermarket kaya Giant atau Carrefour tapi ada produk mayonaise dengan rasa wasabi, tapi gw lupa apa merknya hehe..maap 😀

Bamboo Mat
Atau tatakan bambu, ada di supermarket, kalo nggak ada gw dapet rekomendasi bisa ngegunain sepotong kardus, teksturnya harus keras namun lentur, penting untuk membantu menggulung Sushi.

Siap?

-Campur cuka beras, gula dan garam, panasin sebentar sampe garam dan gulanya larut

-Campur larutan cuka tersebut dengan nasi yang udah disiapkan di mangkok yang enak dipake buat ngaduk. Aduk-aduk sampai larutan merata ke seluruh nasi.

-Siapin selembar nori di atas alas bambu. Taruh nasi di sisi yang deket sama kita, didadar rata dengan lebar paling nggak sepanjang jari telunjuk, tipis-tipis aja. Nasinya jangan didadar ke seluruh nori ya, jadi sisain space yang cukup banyak

-Taro isian di atas nasi di pinggir yang paling dekat dengan kita

-Mulai menggulung sambil sedikit ditekan-tekan supaya padat, jangan terlalu keras nanti bisa buyar

-Potong dengan pisau yang sangat tajam, kalo pisaunya tumpul bisa-bisa Sushinya hancur, kalo pisau di dapur agak tumpul nggak usah beli lagi, cukup diasah pake ulekan batu, gosok bolak-balik mata pisaunya ntar jadi tajam

-Siap dimaem bareng-bareng pake soyu dan mayonaise

Sebaiknya sih lihat videonya aja, dulu gw nggak ngerti kalo cuma baca resep doang, dengan video akan lebih jelas visualisasinya dan penting untuk lihat cara ngegulungnya.. Selamat mencoba! 😀

About duniananda

Seorang istri yang sok sibuk dengan urusan rumah tangga dan urusan-urusan kecil yang sering saya lihat dan dengar setiap hari hehehehe.. :D

4 responses to “Eksperimen Sushi

  1. prageryu ⋅

    Hmmmm g mah maunya barter aja deh. Cukup elo aja yg ahli buat sushi n g yg ahli buat yg lain hahahhahahahaha (padahal males buat nyoba)

    Tp barter ini memang hrs benar2 di realisasikan…

  2. chuwey

    kewl!!!
    Jadi pengeeeeeeennnn!!! *pengen makannya :p

  3. duniananda ⋅

    kalian ini…duuduuduu…(._.) (‘_’)

Leave a Reply

